Nama Bandara Baru Yogyakarta Adalah …

1
40
Pintu masuk bandara baru Yogyakarta

Kulon Progo – Nama Yogyakarta International Airport (YIA) yang dulu sempat viral dengan nama NYIA (New Yogyakarta International Airport) ternyata belum mendapat persetujuan dari Kementian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia. Pengajuan nama YIA yang telah diusulkan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Pemerintah Kabupaten Kulon Progo sampai saat ini ternyata belum bisa menjadi nama baru bandara baru Yogyakarta yang berada di kawasan pesisir pantai selatan kecamatan Temon.

Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo SpOG (K) pernah mengatakan dan dikutip KRJogja.com pada hari Minggu (19/05/2019) bahwa Kementrian Perhubungan menyerahkan kepada Pemeritah Kabupaten Kulon Progo untuk pemberian nama bandara baru Yogyakarta tersebut. Hal ini termasuk untuk meminta persetujuan dan pendapat dari para tokoh agama, tokoh adat, sesepuh, dan para tokoh masyarakat.

Pintu masuk bandara baru YogyakartaBupati menjelaskan lebih lanjut, bahwa pemberian nama baru bandara Yogyakarta sendiri harus segera dilakukan sebagai persiapan peresmian bandara yang akan dilakukan Presiden Republik Indonesia. Semua dokumen yang berkaitan dengan pengusulan nama bandara baru yang ditandatangani seluruh peserta dari para tokoh, melalui Pemerintah Daerah DIY akan diajukan ke Kemenhub RI. Termasuk di dalamnya izin dari Ngarso Dalem Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Beberapa Nama Yang Diusulkan Sebagai Nama Bandara Baru Yogyakarta

Berikut beberapa nama dan latar belakang pemilihan yang diusulkan sebagai

  1. Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) / BIY Kulonprogo. Sebenarnya nama ini adalah versi bahasa Indonesia dari Yogyakarta International Airport (YIA) yang telah terlebih dahulu dikenal masyarakat.
  2. Bandara Internasional Mangkubumi. Nama ini diambil dari nama pendiri kerajaan Ngayogyokarto Hadiningrat yang kemudian disingkat Yogyakarta, yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono I yang mempunya nama kecil Raden Mas Sujana, dan bergelar Pangeran Mangkubumi setelah dewasa.
  3. Bandara Sultan Agung
  4. Bandara Nyi Ageng Serang
  5. Bandara Pangeran Diponegoro
  6. Dll

Selain usul menggunakan nama pahlawan untuk bandara baru, beberapa tokoh juga memberi masukan untuk menggunakan nama tempat. Salah satunya adalah yang telah disebutkan di atas, yaitu Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) Kulon Progo. Bandara baru ini sendiri terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Untuk koordinat lokasi pastinya belum ada rilis resmi dari pihak terkait.

Hingga saat ini, belum ada keputusan resmi tentang nama bendara baru Yogyakarta yang disetujui Kemenhub RI. Tapi apapun nanti nama yang akan disematkan untuk bandara terbesar ketiga di Indonesia ini, semoga tetap memberi ciri khas keistimewaan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Doain aja, ya.. Semoga bandara Yogyakarta bisa bermanfaat untuk masyarakat lokal setempat, pelaku wisata Yogya, pelaku usaha, dan menjadi pemasukan untuk Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo pada khususnya.

Kalau kamu ada usul untuk nama baru bandara Yogyakarta?

Beberapa gambar proses pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta yang sudah berjalan 90% (diambil dari kumparan)

Pembangunan ruang check in bandara Yogyakarta International Airportproses pembangunan bandara barumasjid di bandara yogyakarta airport

 

Sumber: KRJogja

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here