Tips Aman Libur Lebaran Dari Ubur-ubur Di Pantai Yogya

0
67
Petugas SAR Parangtritis menunjukkan ubur-ubur di Parangtritis

Hampir mirip tahun sebelumnya, musim libur lebaran tahun ini jatuh di pertengahan tahun. Bisa hampir dikatakan, akan ada lonjakan pengunjung ke berbagai tempat wisata. Salah satunya adalah wisata pantai. Apalagi Daerah Istimewa Yogyakarta sangat terkenal dengan puluhan obyek wisata pantai yang berada dari ujung barat hingga timur selatan Kabupaten Bantul hinggal Gunungkidul.

Nah, khusus yang mau berlibur di pantai harap diperhatikan beberapa hal masalah kenyamanan dan keselamatan selama berada di pantai. Selain faktor kehati-hatian untuk tidak terlalu jauh dari pinggir pantai. Ada hal lain yang juga harus diperhatikan. Terutama untuk orang tua yang membawa buah hatinya. Apa itu?

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan ketika memasuki pertengahan tahun biasanya kerap terjadi serangan ubur-ubur di sepanjang pantai Selatan (sumber). Walaupun kemungkinannya tidak sebanyak tahun kemarin karena faktor saat ini yaitu cuaca dan angin yang condong ke barat, tapi sikap kewaspadaan tetap harus dijaga.

Ubur-ubur jenis blue bottleSerangan Ubur-Ubur Di Parangtritis

Naik dokar di parangtritis
Pantai Parangtritis (ig another_dhie)

korban sengatan ubur-ubur parangtritis 2

Salah satu Group di Facebook yaitu, IKKJ (Info Kecelakaan Dan Kriminalitas Jogjakarta) di salah satu postingan yang dikirim anggota group-nya mengunggah beberapa gambar yang memperlihatkan kejadian terkait. Beberapa korbannya adalah anak kecil.

 

korban sengatan ubur-ubur parangtritis 1
sumber: Facebook IKKJ INFO KECELAKAAN DAN KRIMINALITAS JOGJAKARTA

Masih di kejadian yang sama, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Parangtritis, Ali Sutanto di detikdotcom juga memberitakan bahwa sekitar 50 wisatawan terkena sengatan ubur-ubur. Sebagian besarnya adalah anak kecil. Kejadian yang terjadi pada hari Senin (3/5/19) kemarin terjadi dari siang hari sampai sore hari. Alhamdulillah,  semuanya sudah tertangani dan tidak tidak ada yang sampai harus dirujuk ke rumah sakit.

Ubur-ubur jenis “blue bottle” atau yang biasa disebut “Portuguese man-of-war” alias “Portuguese man o’ war” mempunyai nama ilmiah Physalia physalis ini mempunyai sengatan yang bisa berakibat fatal. Apalagi bentuk dan teksur fisiknya yang lunak dan berwarna biru keunguan membuat anak-anak ingin memegangnya.

akibat sengatan ubur-uburTapi jangan panik dulu, ya. Pihak pengelola obyek wisata sudah mengantisipasi dengan mendirikan posko kesehatan dan terus memberi himbauan kepada para pengunjung tentang ubur-ubur ini. Selain itu, kita juga harus tahu tindakan pertama apa yang mesti dilakukan apabila ada korban di dekat kita, baik itu keluarga atau orang lain.

Cara Mengobati Bila Tersengat Ubur-Ubur

Tim SAR Parangtritis memberi pertolongan
Tim SAR Pantai Parangtritis memberi bantuan kepada korban

Jangan keburu panik! Itu yang harus perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan sambil menunggu pertolongan pihak medis.

  1. Segera bawa korban yang terkena sengatan menjauh dari air laut atau air asin agar rasa sakit tidak semakin parah.
  2. Basuh area yang terduga terkena sengatan ubur-ubur dengan menggunakan air cuka (asam asetat) untuk menghentikan aliran racun.
  3. Apabila masih ada tentakel ubur-ubur yang menempel, segera dilepaskan secara perlahan. Sambil terus diusap-usap menggunakan air cuka. Jangan lupa menggunakan sarung tangan atau media lain agar Anda tidak terkena racun ubur-ubur.
  4. Rendam atau kompres dengan air hangat untuk bagian yang terkena sengatan. Suhu yang dianjurkan adalah 45 derajat Celcius selama 40 menit.
  5. Hindari untuk menggaruk area yang terkena sengatan ubur-ubur, karena akan membuat racun semakin menyebar dalam tubuh.

Simpel bukan? Cara di atas bisa kita lakukan sebagai pertolongan pertama apabila ada yang terkena sengatan ubur-ubur di sekitar kita.

Gimana? Tetap lanjut piknik libur lebaran ke pantai? Iya dong, pantai di Yogya mulai Bantul hingga Gunungkidul terkenal dengan keindahannya, lho. Rugi kalau cuman baca berita sekilas terus gak jadi ke pantai. Saatnya ajak keluarga main air di pantai dengan rasa aman dan nyaman. Selamat liburan …. (mvb)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here