Setelah Mudik, Sekarang Saatnya Balik. Pakai Mobil? Wajib Cek Ini Dulu

0
27
persiapan mudik menggunakan mobil

Libur lebaran dah mulai usai nih. Sebagian masyarakat yang bekerja di kantor pemerintahan dan layanan publik sudah mulai mudik ke berbagai daerah tempat mereka bekerja. Ada yang mudik ke arah barat, timur atau utara. Pokoknya ke semua arah mata angin, deh.

Untuk yang masih liburan, yuk cek mobil terlebih dahulu. Kali ini kita bahas apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan pulang balik. Persiapan balik menggunakan mobil. Bukan pesawat atau kereta, ya. Catet ^^

Berikut Yang Harus Diperiksa Saat Mobil Akan Dipakai Untuk Arus Balik

Selain kondisi fisik yang harus dipersiakan, berikut akan kita bahas bagian mobil terutama mesin yang harus diwaspadai:

1. Periksa Oli Mesin Dan Gardan Kendaraan

cek oli mesin sebelum arus balik
beberapa contoh oli mesin mobil yang beredar di pasaran

Cek volume oli adalah hal pertama yang harus dilakukan. Terutama untuk mobil usia 5 tahun ke atas yang rentan terjadi kebocoran. Untuk mobil yang relatif lebih baru juga tidak ada salahnya cek volume oli dan juga posisi odometer. Tidak harus menunggu sampai limit batas km yang disarankan. Kalau memang jarak yang akan ditempuh jauh, sebaiknya ganti oli mesin lebih awal.

2. Periksa Filter Oli Dan AC (Air Conditioner) Mobil

periksa filter oli mobil sebelum arus balikBerhubungan dengan oli mesin. Pada umumnya penggantian filter oli dilakukan pada penggantian oli yang kedua. Sedangkan filter mobil lebih ke faktor kenyamanan dalam mobil. Kalau filter AC sudah kotor, akibatnya sirkulasi udara di dalam kabin menjadi tidak nyaman / panas. Juga bisa beraibat pada konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

3. Periksa Kelistrikan Dan Aki Mobil

periksa kelistrikan mobil sebelum mudik
periksa kelistrikan mobil sebelum mudik

Aki mobil dan kelistrikan sangat berkaitan erat, kan?  Betul? Kalau sampai aki tekor atau drop, bakal repot kita dibuatnya. Untuk aki kering cenderung lebih mudah pengecekannya. Tapi untuk aki basah, wajib diperhatikan volume air. Jangan sampai berada di ambang batas bawah tinggi cairan. Untuk mobil yang sudah berumur, disarankan untuk memanaskan mobil tiap hari kalau sedang tidak dipakai.

4. Kondisi Ban Utama Dan Cadangan

periksa kondisi ban sebelum mudik dan balik
periksa kondisi ban sebelum mudik dan balik

Hal berikutnya yang harus diperiksa adalah masalah yang berkaitan dengan ban. Mulai dari tekanan ban, dan kondisi fisik ban. Rata-rata beban mobil saat arus mudik dan balik tidak banyak perbedaan. Kalau saat mudik kita membawa oleh-oleh untuk orang tua dan saudara, makan saat balik kebanyakan kita juga membawa oleh-oleh untuk tetangga dan teman kerja. Iya, kan?

Kalau ban cadangan sudah pernah digunakan sebelumnya, segera cek ulang ketika melewati toko ban. Dikuatirkan toko atau tukang tambal ban yang masih menutup tokonya karena kondisi liburan atau ikut mudik ke kampung halaman.

5. Periksa Lampu Utama Dan Lampu Sein

periksa lampu utama dan lampu sein
periksa lampu utama dan lampu sein

Bisa dibayangkan apabila salah satu lampu sein mobil tidak berfungsi. Dijamin akan repot dibuatnya saat kita mau belok ke kiri atau ke kanan. Tidak mungkin juga kan kalau kita harus menjulurkan tangan keluar mobil hanya untuk memberi tanda kendaraan di belakangnya untuk memberi jalan kepada kita. Bakal habis deh kena bully-an. Jadi, persiapkan juga lampu cadangan di dalam mobil kita untuk mengantisipasi hal ini.

6. Air Radiator

periksa air radiator mobilUntuk mobil yang masih muda alias masih baru, kayaknya tidak perlu dikuatirkan berlebih. Beda dengan mobil yang sudah berumur. Hukumnya wajib untuk memeriksa kondisi air radiator untuk menghindari over heat. Minimal periksa indikator di dashboard apakah masih berfungsi atau tidak.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here